PT INKA Multi Solusi Gelar “Sharing Pengetahuan Ketenagakerjaan dan K3”

PT INKA Multi Solusi Gelar “Sharing Pengetahuan Ketenagakerjaan dan K3”

On December 29, 2016, Posted by , In Berita, With Comments Off on PT INKA Multi Solusi Gelar “Sharing Pengetahuan Ketenagakerjaan dan K3”

sharing pengetahuan ketenagakerjaan dan K3-upload

 

MADIUN – PT INKA Multi Solusi (IMS) menggelar kegiatan “Sharing Knowledge Ketenagakerjaan serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)” yang diikuti oleh sejumlah karyawannya di Hotel Amaris Jalan Kalimantan Kota Madiun, Rabu (7/12).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Direktur Utama PT IMS Edi Winarno dan menghadirkan narasumber kompeten, anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) dan Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N) Ahmad Ansyori.

Direktur Utama PT IMS Edi Winarno mengatakan kegiatan serupa penting dilakukan mengingat PT IMS memiliki banyak tenaga kerja alih daya sebagai sumber daya manusia pelaku produksi.

“Kami ini kan mengelola banyak orang, sehingga untuk meningkatkan keefektifan kerja, para pimpinan PT IMS harus memiliki kemampuan mengelola perusahaan, di antaranya tentang ketenagakerjaan,” ujar Direktur Utama PT IMS Edi Winarno di sela kegiatan “Sharing” Pengetahuan Ketenagakerjaan dan K3 PT IMS di Hotel Amaris Kota Madiun.

Dalam kegiatan tersebut, dibahas tentang pentingnya pengelolaan sumber daya manusia, ketenagakerjaan, dan keselamatan kerja di PT IMS. Dalam acara tersebut juga dilakukan diskusi antara narasumber dengan peserta tentang regulasi ketenagakerjaan dan K3.

“Kegiatan ini peting dan bertujuan agar semua karyawan PT IMS baik dari level bawah hingga atas paham tentang tata kelola perusahaan yang baik sehingga bisa mendatangkan manfaat dan keuntungan bagi perusahaan dan kesejahteraan pekerja,” kata dia.

Ia menjelaskan, karyawan alih daya PT IMS yang mencapai ribuan orang sangat rawan konflik jika para pimpinan dan pekerjanya sendiri tidak paham dengan aturan ketenagakerjaan dan keselamatan kerja yang ada.

Karena itu, pihaknya sengaja mengundang narasumber dari luar yang berkompeten di bidang Undang-Undang Ketenagakerjaan, agar SDM PT IMS dapat dikelola dengan baik dan tidak menyimpang dari aturan serta mendatangkan pendapatan bagi perusahaan dan negara.

Sementara, narasumber kegiatan dari anggota DJSN dan DK3N Ahmad Ansyori mengatakan, minimnya pemahaman tentang ketenagakerjaan berpotensi menimbulkan konflik hubungan industrial.

“Karena itu saya sangat senang PT IMS berinisiatif melakukan “sharing” pengetahuan tentang ketenagakerjaan dan keselamatan kerja. Diharapkan dengan kegiatan ini, hubungan indutrial PT IMS dengan pekerjanya berlangsung baik yang muaranya adalah peningkatan kesejahteraan karyawan,” kata Ahmad Ansyori.

Sementara, sebagai anak perusahaan dari PT INKA (Persero), PT IMS dituntut mampu mendukung perkembangan bisnis PT INKA (Persero). PT IMS berfungsi menyediakan jasa “Total Solution Provider” di bidang konstruksi dan perdagangan komponen/suku cadang perkerataapian serta produk transportasi darat.

Guna mewujudkan hal tersebut, PT IMS didukung sekitar 3.000 tenaga kerja produksi yang tersebar di tiga “workshop” yang siap bersaing secara kompetitif untuk mendorong penguasaan pasar tingkat nasional dan internasional.